:.Selamat Datang di Website Resmi Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan, Jl. Mulawarman Graha II Lt. 1-2 Tarakan 77111 Telp. 0551-32370 Fax. 0551-32081 SMS Gateway : 08115449778 E-mail : perizinan@kppttarakan.id:.
Website Resmi DPMPTSP Selamat Datang di Website Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan Memberi Pelayanan Yang Cepat, Efisien, Ramah, Mudah, Aktif, Terjangkau Good governance Pelayanan Publik Yang Prima  'BAIS' ( Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera ) kppttarakan.id Selamat HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 72

Sektor Kelembagaan & Infrastruktur Ekonomi


Sebagai kelembagaan ekonomi perbankan berperan penting dalam pembentukan dan pengumpulan modal dan penyalurannya, perbankan menjadi salah satu factor utama didalam mendukung pembiayaan pembangunan. Untuk meningkatkan perannya dalam melayani kebutuhan pembiayaan investasi yang masuk ke daerah ini, perbankan dan lembaga keuangan diharapkan melakukan berbagai terobosan melalui penciptaan produk-produk jasa keuangan yang responsive, dan inofatif disertai penyediaan jasa konsultasi bisnis sehingga uang yang disalurkan dalam bentuk kredit menjadi lebih produktif dan profitable bagi kedua belah pihak (kreditur dan debitur). Perbankan yang ada di Kota Tarakan dapat dilihat pada table berikut :

No

Lembaga Perbankan

Jumlah Kantor

Keterangan

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

BRI

BNI ‘46

Bank Mandiri

BPD Kaltim

Danamon

Bank Central Asia

Bank Mandiri Syariah

Bank Mega

Bank Tabungan Negara

Bank Bumi Putra

Bank Muamalat

5

2

2

4

3

1

1

1

1

1

1

1 Cabang, 4 Cabang Pembantu

1 Kantor, 1 Cabang

1 Kantor, 1 Cabang 

1 Cabang, 3 Cabang Pembantu

1 Kantor, 2 Cabang

1 Kantor

1 Kantor

1 Kantor

1 Kantor

1 Kantor

1 Kantor

Sumber : Tarakan dalam angka (2014)

Berbagai skema pembiayaan baik dalam bentuk kredit investasi, modal kerja serta konsumsi secara kompetitif ditawarkan oleh semua lembaga perbankan. Sebagai sebuah keputusan bisnis, investasi selalu dihadapkan pada berbagai resiko, maka untuk menjawab permasalahan ini di Kota Tarakan juga telah tersedia berbagai lembaga asuransi. Lembaga Asuransi yang ada di Kota Tarakan adalah :

  1. Asuransi Bumi Putera
  2. Asuransi Bumi Asih
  3. Asuransi Alianz
  4. Asuransi Jiwasraya
  5. PT. Askes
  6. PT. Jamsostek

Keberadaan lembaga perbankan dan lembaga asuransi tersebut sangat mendukung aktivitas pelaku usaha terutama dalam penyediaan modal serta penjaminan resiko usaha yang dilakukannya.

  1. Sektor Perhubungan Darat, Laut dan Udara

—  Darat

Mobilitas dan kinerja ekonomi yang tinggi membutuhkan dukungan ketersediaan sarana dan prasarana transportasi. Keberadaan perhubungan darat ditunjukkan oleh adanya prasarana jalan yang memadai. Kota Tarakan sebagai kota pulau telah tersedia 220.062 km. diantara jalan kota tersebut bagian terbesar berpermukaan Hot-mix yaitu sepanjang 123.926 km dengan kondisi jalan yang baik sepanjang 176.050 km. prasarana ini tentu sangat memudahkan masyarakat dan pelaku usaha dalam menggunakan transportasi darat.

—  Laut

Sebagai daerah simpul aktifitas dengan daerah-daerah lainnya dikalimantan timur bagian utara seperti Kabupaten Bulungan, Malinau, Nunukan, Tana Tidung dan Berau tersedia berbagai armada angkutan sungai melalui pelabuhan ASDF Tengkayu. Panjang pelabuhan tengkayu 360 m dengan luas dermaga 786,3 m2  hal yang menarik tentang aktifitas di pelabuhan tengkayu adalah arus penumpang yang berangkat lebih besar disbanding dengan yang datang.

Pelabuhan laut Malundung yang memiliki panjang dermaga 250 m dan luas dermaga 2.400 m2, tersedia armada kapal penumpang dan barang

—  Udara

Bandar udara Juwata sebagai satu-satunya Bandar udara di Kota Tarakan dengan panjang 1.850 m mampu didarati oleh pesawat berbadan lebar Boeing 737 900 ER. Maskapai penerbangan dalam negeri yang beroperasi adalah, Lion Air, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Kalstar, Trigana Air, Susi Air dan berbagai perusahaan penerbangan perintis. Maskapai penerbangan luar negeri yang beroperasi di Bandar Udara Juwata Tarakan adalah Malaysia Air Service (MAS) yang melayani rute penerbangan dari Tarakan ke Tawau dan sebaliknya. Bandara Juwata Tarakan memiliki arus penerbangan yang cukup padat sangat wajar, karena sebagai daerah transit yang menghubungkan beberapa kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dengan Kota lainnya di Indonesia dan Malaysia.