:.Selamat Datang di Website Resmi Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan, Jl. Mulawarman Graha II Lt. 1-2 Tarakan 77111 Telp. 0551-32370 Fax. 0551-32081 SMS Gateway : 08115449778 E-mail : perizinan@kppttarakan.id:.
Website Resmi DPMPTSP Selamat Datang di Website Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan Memberi Pelayanan Yang Cepat, Efisien, Ramah, Mudah, Aktif, Terjangkau Good governance Pelayanan Publik Yang Prima  'BAIS' ( Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera ) kppttarakan.id Selamat Idul Fitri, Taqobbalallahu Minna Wa Minkum

Potensi Tarakan


Kekuatan Tarakan Dalam Investasi

Potensi Tarakan memang luar biasa. Kondisi geografis yang meliputi perbukitan dan hutan bakau menjadi potensi wisata yang khas. Beberapa flora dan fauna khas kawasan endemik Kalimantan juga bisa ditemukan di Tarakan. Seperti Bekantan yang dibiarkan hidup bebas di kawasan wisata hutan mangrove, disamping itu juga ada anggrek hutan yang dibudidayakan. Kota Tarakan yang merupakan kota transit dengan fasilitas transportasi publik yang berada di kota Tarakan, berupa 4 pelabuhan penumpang dan 1 pelabuhan feri yang menghubungkan berbagai kota di kawasan Kalimantan Utara (Kaltara) dan 1 bandar udara Internasional, dengan route penerbangan domestik dan internasional. Sehingga diharapkan masyarakat luar kota Tarakan khususnya para investor dan pejabat pemerintah pusat maupun daerah Provinsi Kaltara, dengan mudah dapat mengenal potensi, peluang dan pembangunan kota Tarakan.

Kota Tarakan yang dulunya dikenal sebagai penghasil minyak, kini telah banyak mengalami perubahan sejak diberlakukannya otomi daerah. Pesatnya perkembangan Kota Tarakan tak lepas dari letaknya yang sangat strategis yaitu tepat di beranda depan perbatasan Indonesia dengan Sabah Malaysia dan Filipina Selatan. Kondisi geografis ini sangat menguntungkan terlebih didukung oleh komitmen pemerintah dan masyarakatnya untuk membangun daerah ini sebagai kawasan kota transit, industri, perdagangan dan jasa.

Peluang investasi di Kota Tarakan masih terbuka lebar dan kita optimis tahun ini investasi di bumi Paguntaka akan terus bertambah. Untuk mencapai itu semua berbagai sarana dan prasarana pendukung yang memudahkan bagi investor untuk menanamkan modalnya di Tarakan terus dibangun, termasuk kemudahan- kemudahan lain seperti insentif terus dijaga diantaranya tax holiday ( pembebasan pajak 1 s/d 5 tahun ). Percepatan pengurusan perizinan ( tidak lebih 3 hari ), jaminan keamanan dan penghargaan bagi investor.

Banyak peluang investasi yang dapat dikembangkan di Tarakan diantara nya pada sektor kelautan dan perikanan, sektor pariwisata,  industri dan perdagangan serta investasi di sektor energi.

Peluang investor di sektor kelautan dan perikanan sangat terbuka dan menjanjikan sebab didukung oleh potensi laut seluas 406,53 km2. Potensi ini paling tidak dapat menghasilkan rata-rata produksi perikanan tangkap sebanyak 4.467,7 ton/tahun. Dimana hasil produksi ini sudah masuk pasar ekspor dengan tujuan beberapa negara seperti : Jepang, Hongkong, Tiongkok, Korea dan beberapa Negara Uni Eropa. Beberapa hasil laut yang berpotensi sebagai komoditas ekspor adalah udang Windu, ikan Bandeng, Kepiting Bakau,  Keiting Soka, Ebi, Ikan Tipis Pepija dan Ikan cakalang. Selain itu Tarakan juga telah melakukan budidaya rumput laut dan membuat produk udang  siap saji dalam kemasan (ready to eat). Hingga kini total nilai ekspor dari sektor perikanan mencapai US$ 131.106.311,76 per tahun.

Keberagaman produk olahan siap ekspor itu dinilai sebagai sebuah terobosan yang sangat baik dan layak dikembangkan karena selain memiliki peluang investasi yang besar juga berpotensi mengurangi pengangguran sebab banyak menyerap tenaga kerja.

Potensi lain yang juga layak untuk dikembangkan adalah sektor industri dan perdagangan berupa industri pengolahan produk turunan minyak sawit (CPO). Sementara di sektor pariwisata, ada wisata alam seperti Hutan Mangrove  seluas 8,8 Ha yang berada di tengah kota yang dipadukan dengan satwa Bekantan dan konservasi flora dan fauna secara alami.

Tarakan memiliki kawasan wisata Pantai Amal dengan garis pantai sepanjang 1,7 km dan lebar 200 m, ditunjang dengan potografi yang datar dan vegetasi maka apabila dilelola dan dikembangkan dengan baik dapat menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Saat ini saja tiap tahun tak kurang dari 46.000 wisatawan domestik dan internasional datang menikmati keindahan alam Pantai Amal ini. Oleh karena itu diyakini apabila infrastruktur pariwisata dikembangkan, maka Tarakan akan menjadi tujuan wisata terbesar di Kalimantan Utara. Untuk pengembangan pariwisata ini diperkirakan paling tidak dibutuhkan investasi sekitar US$ 7.000.000.

Peluang investasi juga ada di pembangunan kegiatan ekonomi, bisnis, industri real estate (perumahan), industri pengolahan makanan dan minuman, sarana dan prasarana transportasi, jasa perbaikan kapal (dockyard) dan jasa pergudangan.