:.Selamat Datang di Website Resmi Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan, Jl. Mulawarman Graha II Lt. 1-2 Tarakan 77111 Telp. 0551-32370 Fax. 0551-32081 SMS Gateway : 08115449778 E-mail : perizinan@kppttarakan.id:.
Website Resmi DPMPTSP Selamat Datang di Website Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan Memberi Pelayanan Yang Cepat, Efisien, Ramah, Mudah, Aktif, Terjangkau Good governance Pelayanan Publik Yang Prima  'BAIS' ( Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera ) kppttarakan.id Selamat Idul Fitri, Taqobbalallahu Minna Wa Minkum

Izin Gangguan

Dasar Hukum:

  1. Undang-Undang Gangguan (Hinder Ordonantie) Staatsblad Tahun 1926 Nomor 226 setelah beberapa kali diubah dan ditambah terakhir dengan Ordonantie Staatsblad Tahun 1940 Nomor 14 dan 450;
  2. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2009 tentang Pedoman Penetapan Izin Gangguan di Daerah;
  3. Peraturan Daerah Kota Tarakan Nomor 10 Tahun 2002 tentang Ijin Gangguan;
  4. Peraturan Daerah Kota Tarakan Nomor 03 Tahun 2012 tentang Retribusi Perizinan Tertentu;
  5. Peraturan Walikota Tarakan Nomor 58 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
  6. Peraturan Walikota Tarakan Nomor 90 Tahun 2016 tentang Pelimpahan Kewenangan Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan Kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Persyaratan: 

Baru/Perubahan:

  1. Mengisi formulir permohonan Izin Gangguan, bermaterai 6000;
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pemohon/Pemilik, sebanyak 1 (satu) lembar;  
  3. Foto diri Pemilik berwarna, ukuran 3x4, sebanyak 3 (tiga) lembar
  4. Fotokopi Akta Pendirian badan hukum usaha, sebanyak 1 (satu) rangkap (khusus pemohon berbadan hukum);
  5. Fotokopi naskah Izin Mendirikan Bangunan (IMB), sebanyak 1 (satu) lembar;
  6. Surat Kuasa / Surat Perjanjian Sewa-menyewa atau Pinjam-meminjam dari pemilik bangunan/tanah yang sah, bermaterai 6000 (khusus bangunan / tanah milik pihak lain);
  7. Izin / Rekomendasi Lingkungan (AMDAL/ UKL-UPL/ SPPL) dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Tarakan;
  8. Surat Pernyataan Persetujuan Tetangga berbatasan langsung, diketahui Ketua RT setempat;
  9. Sket lokasi tempat usaha;
  10. 10. Fotokopi bukti pelunasan PBB tahun terakhir, sebanyak 1 (satu) lembar.

Regristrasi Ulang (setiap 1 tahun):

  1. Mengisi formulir permohonan Izin Gangguan, bermaterai 6000;
  2. Naskah Izin Gangguan asli;
  3. Fotokopi bukti pelunasan pajak tahunan / bulanan (PBB / Pajak Reklame / Pajak Hiburan / Pajak Restoran / Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan) tahun terakhir, sebanyak 1 (satu) lembar

Perpanjangan (setiap 5 tahun):

  1. Mengisi formulir permohonan Izin Gangguan, bermaterai 6000;
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pemilik/Pemohon, sebanyak 1 (satu) lembar;
  3. Naskah Izin Gangguan asli;
  4. Fotokopi bukti pelunasan pajak tahunan / bulanan (PBB / Pajak Reklame / Pajak Hiburan / Pajak Restoran / Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan) tahun terakhir, sebanyak 1 (satu) lembar.

 Jangka Waktu Pelayanan

12 (dua belas) hari kerja setelah berkas permohonan diterima dengan lengkap

 Biaya / Tarif

Perhitungan Retribusi (sesuai dengan Perda Kota Tarakan Nomor 03 tahun 2012):

LRTU x IG x IL

Besaran Tarif Retribusi

No

Luas

Besarnya Tarif (Rp)

1

≤25 m2

2.500,- / m2

2

>25 s/d 100 m2

2.250,- / m2

3

>100 s/d 200 m2

2.000,- / m2

4

>200 s/d 500 m2

1.750,- / m2

5

>500 s/d 1000 m2

1.500,- / m2

6

>1000 m2

1.000,- / m2

Keterangan:

LRTU

 

IG

IL

: Luas Ruang Tempat Usaha       

  (Kegiatan)

: Indeks Gangguan

: Indeks Lokal