:.Selamat Datang di Website Resmi Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan, Jl. Mulawarman Graha II Lt. 1-2 Tarakan 77111 Telp. 0551-32370 Fax. 0551-32081 SMS Gateway : 08115449778 E-mail : perizinan@kppttarakan.id:.
Website Resmi DPMPTSP Selamat Datang di Website Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan Memberi Pelayanan Yang Cepat, Efisien, Ramah, Mudah, Aktif, Terjangkau Good governance Pelayanan Publik Yang Prima  'BAIS' ( Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera ) kppttarakan.id Selamat Idul Fitri, Taqobbalallahu Minna Wa Minkum

Zona "Kuning" Untuk Tingkat Kepatuhan Kota Tarakan

Kebanggaan bagi masyarakat Tarakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan menjadi 1 dari 4 Pemerintahan Daerah yang menjadi objek penelitian Kepatuhan Ombudsman RI pada 2015. Empat daerah lainnya, adalah Balikpapan, Samarinda, Berau dan Provinsi Kaltim.

 Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kaltim-Kaltara, Syarifah Rodiah mengatakan, terdapat 22 Kementrian dan 15 Lembaga, di samping 33 Provinsi dan 114 Pemerintah Kota/Kabupaten yang terpilih menjadi sample pemilihan penelitian kali ini.

 “Dari 114 Pemerintah Kabupaten/Kota, ada 64 Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) dan 50 Pemerintahan Kota (Pemkot). Salah satu yang terpilih adalah Kota Tarakan, yang berada di peringkat 23 dan masuk dalam zonasi kuning,” ungkap Syarifah Rodiah kepada wartawan.

Dijelaskan, zona kuning atau predikat tingkat Kepatuhan Sedang yang disematkan untuk Kota Tarakan, adalah penilaian di mana Tarakan berada di Kategori 51 sampai dengan 80. 

 “Zona kuning menandai bahwa Penyelenggara Pelayanan Publik di kota ini secara rata-rata menjalankan Standar Pelayanan yang ditetapkan berdasarkan amanat UU No. 25 Tahun 2009 dalam kategori cukup. Namun masih memerlukan perbaikan dan peningkatan atas kekurangan kekurangan yang ada,” terangnya. 

 Terlebih, lanjut dia, dalam zonasi ini, Tarakan menduduki peringkat 23 dengan total nilai 50.11 atau hanya satu tingkat berada di atas kota Balikpapan yang berada di peringkat 24 dengan nilai 49.65 dan sudah masuk ke zona merah.

 Terkait dengan penilaian tersebut, Walikota Tarakan Sofian Raga mengingatkan kepada seluruh kepala SKPD (satuan kerja perangkat daerah) yang hadir dalam acara penyerahan Predikat Kepatuhan tersebut, untuk dapat mengoreksi dan memperhatikan dengan sungguh-sungguh penilaian yang telah diberikan.  

 “Penilaian Ombudsman RI ini, sebagai masukan yang sangat berharga. Mengingat kita tidak dapat menilai diri kita sendiri dengan objektif. Melainkan lebih bisa mendapatkannya dari penilai pihak eksternal, sebagaimana Ombudsman terhadap Pemerintah selaku penyelenggara pelayanan public,” ungkap Sofian.

 Walikota Tarakan juga menyampaikan ucapkan terimakasih kepada Ombudsman RI karena dengan terpilihnya kota Tarakan, sebagai salah satu kota yang menjadi objek penelitian. Pemerintah berkesempatan untuk bisa lebih memperhatikan dan menemukan kekurangan kekurangan yang terjadi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. 

 Kepada seluruh Kepala SKPD penyelenggara Unit Pelayanan Publik, Walikota mengingatkan bahwa penilaian ini hendaknya menjadi peringatan. Pasalnya warna kuning menandai perhatian yang mesti lebih ditingkatkan. Terlebih dengan penilaian yang diberikan terhadap Pemerintah, adalah didasari pada nilai keseluruhan produk layanan yang diteliti untuk kemudian dijumlahkan dan dinilai rata rata menjadi penilaian Pemerintah Kota.

 Untuk diketahui, dari penilaian tersebut, unit-unit pelayanan yang menyumbang nilai yang rendah, sangat besar pengaruhnya menarik kebawah seluruh nilai rata-rata Pemerintah Kota secara keseluruhan.

 Dalam acara yang dilangsungkan di Kantor Walikota Tarakan kemarin,  Ombudsman juga memberikan penghargaan untuk 17 Produk/Jenis Layanan Pemerintah Kota Tarakan yang mendapakan predikat  Zona Hijau.  Ke-17 produk layanan ini kebetulan seluruhnya berada di bawah Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu, yang dalam kesempatan yang sama diberikan Ucapan Selamat dan Sertifikat Penghargaan dari Ombudsman RI Kaltim-Kaltara dan Walikota Tarakan.

Sumber : http://bulungan.prokal.co

Berita Terkait

6 Komentar

height increasing insoles | 12 Juni 2017 - 08:30:01 WIB
Because the admin of this web page is working, no hesitation very shortly it will be renowned,
due to its feature contents.
Peluang Usaha Baru | 08 Juli 2017 - 04:27:39 WIB
Thanks for your maгvelous posting! I genuinelү
enjοyed reaԁing it, yyou may be a great author.I will ensure that
Ι bookmɑrk your blog and definitely ᴡill сome back at some point.
I want to encourage one to continue your great job, hve a nice weekend!
adult onesie | 15 Juli 2017 - 21:34:42 WIB
whoah this weblog is wonderful i love reading your posts. Stay up the great work! You recognize, a lot of persons are looking round for this info, you could help them greatly.
paket wisata bromo malang 4 hari | 18 Juli 2017 - 09:11:56 WIB
Hi saya teman! Saya ingin menbatakan bahwa ini
pos adalah menakjubkan, besar ditulis ⅾan mencakup hampir semua penting infos .

Sayaa akan seperti rekan lebih posting seperti ini.
paket wisata bromo dan kawah ijen | 19 Juli 2017 - 21:31:19 WIB
Apakah Anda blog memiliki halaman kontak?Saya mengalami kesulitan menemukan itu tapi, saya ingin mengirim Anda
sebuah е-mail . Aku punya beberapa ide untuk blog Anda, Anda
mungkin tertarik pada pendengaran. Ꭼither ԝay, besar blog ɗan saya berharap
untuk melihat itu memperluas dari waktu ke waktu.
Can you have an operation to make you taller? | 21 Juli 2017 - 05:40:31 WIB
Simply want to say your article is as amazing.

The clarity for your submit is just cool and i could think you
are knowledgeable in this subject. Fine with
your permission allow me to clutch your feed to keep up to
date with forthcoming post. Thank you a million and please continue
the enjoyable work.

Isi Komentar