:.Selamat Datang di Website Resmi Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan, Jl. Mulawarman Graha II Lt. 1-2 Tarakan 77111 Telp. 0551-32370 Fax. 0551-32081 SMS Gateway : 08115449778 E-mail : perizinan@kppttarakan.id:.
Website Resmi DPMPTSP Selamat Datang di Website Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan Memberi Pelayanan Yang Cepat, Efisien, Ramah, Mudah, Aktif, Terjangkau Good governance Pelayanan Publik Yang Prima  'BAIS' ( Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera ) kppttarakan.id

Yales: Kami Tak Punya Dasar Melarang

Menjamurnya pembangunan perhotelan menjadikan masalah baru di Tarakan. Pasalnya, pembangunan hotel sepertinya tak sebanding dengan tingkat hunian dan pendapatan yang dihasilkan para pelaku usaha yang bergelut dibidang perhotelan.

Ini dikeluhkan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Tarakan, Abdul Khair beberapa waktu lalu. Menurutnya perekonomian di Tarakan sedang dalam masalah. Terlebih khusus disektor bisnis perhotelan yang sedang dirinya geluti bersama pelaku usaha hotel lainnya.

Sedangkan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Tarakan tak bisa sepihak dalam melarang para pengusaha baru yang hendak membangun hotel atau hunian yang serupa di Tarakan. KPPT hanya bersifat sebagai administrator yang menerbitkan perizinan yang masuk. Namun, tak hanya menerbitkan dengan semudah itu. Permohonan izin yang masuk harus melalui mekanisme hingga izinnya layak diterbitkan dari KPPT. “seperti biasa, kalau berkasnya sudah masuk nanti akan ditinjau ke lapangan. Salah satu syaratnya harus ada Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL), “ucap Kepala Seksi (Kasi Perizinan Usaha), Yales, kemarin (9/4) di kantornya.

Sementara, yales menuturkan yang mengeluarkan UKL/UPL pihak Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Tarakan. “kalau dari kami nanti izin prinsip penanaman modal, artinya dalam rangka merencanakan investasi, itu akan menjadi syarat mereka penyusunan dokumentasi nanti, “tuturnya.

“Nah, dokumen UKL/UPL yang sudah disetujui maka keluarlah yang namanya izin lingkungan. Itu yang kelola BPLH juga. Sudah lengkap semuanya barulah bias diurus izinnya kayak IMB dan izin lainnya,” tutur Yales lagi.

KPPT sendiri juga tak punya dasar saat ada yang akan memohon untuk membuat perizinan untuk usaha khususnya perhotelan. Karena, tidak ada instruksi dari Walikota untuk melakukan moratorium pembangunan hotel di Tarakan. Dasar kami apa mau melarang orang usaha, kami kerja kan ada dasarnya. Kalau Pemerintah tidak menginstruksikan berhenti, kami tidak akan berhenti. Apalagi di Disbudparpora. Kalau mereka sudah fiks kami juga demikian. Kami hanya mengurus administrasi,” tegas Yales.

“selama administrasi dan teknis memenuhi, ya, kami terbitkan. Memang pernah ada moratorium pembangunan pembangunan hotel di Tarakan dulu. Tapi itu kan dulu, sekarang belum ada instruksi dari Pemerintah untuk melakukan moratorium lagi. Selama itu belum ada kami tidak akan berhenti,”  tuntas Yales.

Abdul Khair meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan memoratorium izin hotel yang akan berdiri dan beroperasi. Sebab pembangunan industry hotel kian menjamur, sedangkan pasarannya stagnan.

“seharusnya Pemerintah buatlah even wisata atau kegiatan yang  bisa menarik orang dari luar  Tarakan untuk berkunjung. Tingkatkan lagi tujuan wisata di Tarakan, sehingga banyak pengunjung dari luar kota,”   kata Abdul Khair kepada media ini, senin (6/4)

Dosen Ekonomi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomik (STIE) Bulungan-Tarakan, Anna Sri Ekaningsih, menjelaskan, pertumbuhannya banyak fasilitas seperti akomodasi berbentuk penginapan termasuk hotel yang baru berdiri menandakan Tarakan ‘lahan’ subur bagi sebagian orang untuk berinvestasi.

Dari sisi perputaran ekonomi, dengan bergeliatnya pertumbuhan bisnis hunian dikota Bais (sebutan tarakan) secara otomatis mempengaruhi sector pelayanan atau jasa. “jadi saya rasa perputarannya ekonomi meningkat dengan adanya itu,” tutur Anna Sri.

Anna Sri juga memberikan penilaian normative terhadap sejumlah hotel berbagai kelas yang ada di Tarakan. Hotel berbintang, menurut dia, terdapat beberapa hotel yang memiliki fasilitas cukup baik, termasuk pelayanan dan fasilitas hotel kelas melati   

Sumber Radar Tarakan

Berita Terkait

1 Komentar

f a c e b o ok .sex | 15 Desember 2017 - 21:18:47 WIB
I understand this specific if off of topic however I'm appearing into beginning my personal weblog and got curious what all is needed to
see setup?

Isi Komentar