:.Selamat Datang di Website Resmi Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan, Jl. Mulawarman Graha II Lt. 1-2 Tarakan 77111 Telp. 0551-32370 Fax. 0551-32081 SMS Gateway : 08115449778 E-mail : perizinan@kppttarakan.id:.
Website Resmi DPMPTSP Selamat Datang di Website Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan Memberi Pelayanan Yang Cepat, Efisien, Ramah, Mudah, Aktif, Terjangkau Good governance Pelayanan Publik Yang Prima  'BAIS' ( Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera ) kppttarakan.id Selamat Idul Fitri, Taqobbalallahu Minna Wa Minkum

Banyak Perusahaan Tak Taat Aturan Main

Terkait Pemasangan Papan Nama Perusahaan

Tarakan - Banyaknya perusahaan yang masuk kewilayah Kalimantan Utara (Kaltara), akan turut membantu perkembangan ekonomi dan pembangunan daerah, termasuk tarakan. akan tetapi tak sedikit para pemilik perusahaan yang tidak taat pada aturan main. umumnya sejumlah kantor perusahaan yang ada ditarakan adalah kantor perwakilan yang areal kerjanya bukan diwilayah Tarakan, melainkan di Malinau, Nunukan atau Tanjung Selor. Head Office (HO)-nya sendiri rata-rata berkantor di Jakarta, sedangkan kantor cabangnya di Tarakan. Kendati demikian secara administrasi ini tidak lagi menjadi masalah bagi Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT).

Kami tidak mempermasalahkan tentang kantor perwakilan perusahaan yang ada di Tarakan, selama sesuai prosedur, yaitu adanya pengajuan izin," jelas Kepala KPPT Tarakan, Hamsyah.

Hamsyah menjelaskan, untuk saat ini KPPT hanya menerima laporan pengajuan izin yang diminta dari pemohon atau pihak perusahaan, jika ada pengajuan izin tersebut, tentu KPPT akan melakukan survei terlebih dahulu kelokasinya.

Di Tarakan, ada banyak perusahaan yang menyewa rumah untuk dijadikan kantor cabang, bahkan tak jarang ditemui kantor cabang ‘rumahan’ ini tanpa pemasangan papan nama. Jika mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 37/M-DAG/PER/IX/2007, Tanda Daftar Perusahaan (TDP) harus dicantumkan pada papan nama.

Sementara Fahrul, Tim Teknis Lapangan KPPT menjelaskan, untuk pembukaan kantor cabang pengurusan, jenis izin yang diajukan adalah Izin Gangguan (IG), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Reklame. Sedangkan untuk Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)-nya menggunakan SIUP yang dari pusat. “jenis izin yang wajib diajukan untuk membuka kantor cabang Izin Gangguan (IG), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Reklame. Sedangkan untuk Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)-nya menggunakan SIUP yang dari pusat.”ujar fahrul.

Lebih lanjut, fahrul juga menjelaskan untuk pengawasan dilapangan terkait keharusan perusahaan memasang papan nama usaha tidak terlibat. “pemasangan papan nama perusahaan memang keharusan, akan tetapi kami bukan eksekutor untuk pengawasan itu, kami hanya pengurusan administrasi izin,”papar fahrul.

Selain diatur dalam peraturan menteri, untuk pemasangan papan nama usaha juga sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Tarakan Nomor 10 tahun 2002. Setiap pemegang izin wajib untuk membuat dan memasang papan nama perusahaan.

“untuk pengawasan (tim eksekutor, red.) dilapangan tentang pemasangan papan nama adalah tugas Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DP2KA),” pungkas Fahrul.

Sumber Radar Tarakan, kamis 05 Februari 2015

Berita Terkait

3 Komentar

home blog | 04 Juni 2017 - 16:58:46 WIB
You made some decent points there. I looked on the internet to find out
more about the issue and found most people will
go along with your views on this site.
How do you prevent Achilles tendonitis? | 16 Juli 2017 - 07:24:57 WIB
you are in reality a excellent webmaster. The website loading speed is incredible.
It kind of feels that you're doing any distinctive
trick. In addition, The contents are masterwork.
you've performed a excellent task in this topic!
Where is the Achilles heel? | 21 Juli 2017 - 15:44:36 WIB
I do not even understand how I stopped up right here, however I assumed this put up was great.
I do not recognise who you might be but certainly you're going to a famous blogger should you are not
already. Cheers!

Isi Komentar