:.Selamat Datang di Website Resmi Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan, Jl. Jend. Sudirman No. 53 Tarakan 77121 Telp. 0551-32370 Fax. 0551-32081 SMS Gateway : 08115449778 E-mail : perizinan@kppttarakan.id:.
Website Resmi DPMPTSP Selamat Datang di Website Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan Memberi Pelayanan Yang Cepat, Efisien, Ramah, Mudah, Aktif, Terjangkau Good governance Pelayanan Publik Yang Prima  'BAIS' ( Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera ) kppttarakan.id Segenap Keluarga Besar DPMPTSP Kota Tarakan Mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia Ke 73

Investasi Perhotelan Makin Dilirik

Dampak terbentuknyaprovinsi ke-34 Kalimantan Utara (Kaltara), grafik iklim investasi di Tarakan terlihat makin bergairah.

Buktinya, dari data Kantor Pelayanan Perijinan terpadu (KPPT) menyebutkan, di awal Januari hingga Febuari 2014 tercatat, ada sekitar 5 investor yang hendak mengembangkan usahanya di bidang perhotelan. Dua di antaranya investor bermodalkan asing, yang akan mendirikan hotel kelas bintang di Tarakan.

Kantor KPPT--yang memiliki tiga kepala seksi, salah satunya Kasi Pelayanan Umum yang melayani bagian informasi. Kasi Perizinan dan juga Kasi Penanaman Modal.

Dalam prosedur investasi memang seharusnya datang ke kantor KPPT untuk melengkapi dokumen perizinan. Namun, selama ini para investor yang hendak masuk ke Tarakan masih bingung dalam pengurusan izin investasi di Tarakan, khususnya investor PMDN.

Prosedur perizinan untuk berinvestasi di Tarakan saat ini terbagi menjadi dua, salah satunya prosedur. Penanaman Modal Asing (PMA) dan juga Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Kategori investasi sehingga dikatakan PMA adalah, ketika sedikit banyak ada investasi modal asing. Sehingga, harus mengurus izin prinsip dan izin lainya terlebih dahulu pada pihak Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pusat.Meski ketika berinvestasi ke daerah harus mengurus izin ke KPPT di daerah bersangkutan.

Berbeda ketika PMDN yang seratus persen saham dimiliki oleh orang Indonesia ijin prinsipnya dapat dilakukan di KPPT.

Hal tersebut sesuai dengan UU No 25 tahun 2007 tentang penanaman modal. Dan juga peraturan kepala BKPM No 5 tahun 2013 tentang pedoman dan tata cara perizinan, dan non perizinan penanaman modal.

Berdasar pula pada keputusan Walikota Tarakan No 20 tahun 2010 tentang pelimpahan wewenang penandatanganan perizinan dari Walikota Tarakan kepada KPPT.

Sehingga KPPT Tarakan memiliki wewenang memberikan fasilitasi pelayanan perijinan sejumlah 34 jenis perijinan. Termasuk didalamnya izin prinsip, perizinan daerah dan lainya.

“Jika investasi yang akan ditanamkan di Tarakan berupa PMDN, dapat langsung mengurus perizinan di kantor KPPT. Karena, semua perizinan dikoordinir oleh KPPT. Jika ada campur tangan modal asing wajib mengurus perizinan di BKPM pusat,” ungkap Hamsyah Kepala KPPT Tarakan (28/2).

Dari rencana masuknya 5 hotel, yang hendak mengembangkan usahanya di Tarakan. Dua di antaranya adalah kelas hotel berbintang, dan satu lagi kelas biasa. Salah satu hotel akan berdiri di ruas Jl. Yos Sudarso, dan Jl. Jenderal Sudirman.

Sumber : radartarakan.co.id

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar